Kamis, 03 Februari 2011


TUGAS MAHASISWA MENJELANG DAPAT GELAR S.1

OLEH FIRDAUS BIN MUSA
Pembaca yang budiman, mungkin apa yang saya tuturkan ini ada sebagian kebodohan saya, namun pengalaman ini diharapkan bisa menjadi bahan pelajaran hendaknya bagi pembaca kemudian hari.
Pembaca yang akan dan sudah berstatus sebagai mahasiswa pasti akan mengikuti ujian kompre agar memperoleh gelar s.1.
Untuk menuju proses sampai pada ujian kompre, tentu pembaca mesti menyiapkan persyaratannya terlebih dahulu, pengalaman saya di IAIN Imam Bonjol Padang pada tahun ajaran 2011 M,   hendaknya kita jauh hari telah menyiapkan satuan kredit ekstra kurikuler (skek) yang menjadi syarat untuk diterimanya kita komprehensif, bayangkan dari lima kriteria pembaca musti mencapai nilai 80 minimalnya, aspek yang akan di uji adalah keagamaan dan moral pancasila, pemenuhan dan bakat mahasiswa, kepemimpinan dan loyalitas terhadap al mamater, Negara, bangsa, dan agama, penalaran dan idealisme, serta pengabdian kepada masyarakat.
Saya sarankan pembaca agar melihat di buku panduan apa saja yang termasuk aspek tersebut secara lebih rinci, karena kita akan menyesal kemudian hari nanti kalau sudah dekat jadwal kompre baru melihat buku panduan, tahu kenapa? Sebab jika dicermati setiap aktifits selama mengangkat acara, dan jabatan dalam kepanitian acara, dan anggota dalam organisasi yang kita lakoni pembaca bisa memperoleh nilai skek, dan alangkah baiknya pembaca memegang peran penting dalam pengangkatan acara agar dapat nilai tinggi, kalau ikut seminar seminar yang diikuti seminar nasional.
Dan jadilah manusia yang jujur dalam memperoleh nilai skek, maksud saya bagaimana pembaca benar-benar mengambil nilai syarat kompre itu (skek) dari aktivitas, dan acara yang pembaca ikuti, bukan meng scan skek oranfg lain ,karena sulit untuk dipertanggung jawabkan dihadapan P.A, lebih2 dihadapan allah swt.
Nilai skek itu bisa kita dapatkan dari surat keputusan dan keterangan (SK), piagam atau sertifikat ketika kita menghadiri seminar, diskusi, daurah, dan training.
Kalau sudah terkumpul skek itu lalu lakukanlah pemisahan mana yang termasuk aspek keagamaan, pengabdian…dll.
Lalu lihat buku panduan berapa nilai dari skek yang sudah kita kumpulkan masing2 aspek, oh iya pembaca jangan lupa di copy kertas yang berwarna biru yang kepala kertasnya ada 5 aspek penilaian, dan jangan di copy skek, karena dosen pembimbing yang cerdas ia akan melihat yang asli saja, bukan copyan, sebab copyan bisa direkayasa.
Setelah selesai di susun berdasrkan aspek masing2nya, sekarang coba jumlahkan keseluruhan dari masing2 aspek untuk diketahui berapa jumlah keseluruhan masing aspek, sudah selesai itu lalu masukkan dalam sebuah kertas yang yang diberikan oleh panitia kompre yang dilembarannya ada persen minimal, dan jumlah, lalu pembaca totalkan kelima aspek tersebut, setelah itu dibagi jumlah masing2 aspek per total keseluruhan aspek (5 aspek) dikali 100, selesai deh syarat komprenya yang pertama. Lalu mintalah transkrip nilai ke rektorat syarat kompre yang keduanya, untuk syarat yang ketiga adalah piagam kuliah kerja nyata, kalau belum keluar mintalah surat keterangan telah kkn. Dan jangan lupa pula meminta nilai praktek pembaca sebelumnya seperti praktek tilawah, ibadah, dan tabligh . selesai diberikan persyaratan kompre tugas pembaca mengumpulkan bahan kompre yang akan diujikan lagi kepustaka, biasanya terkait dengan jurusan dan bahan2 mata kuliah yang telah kita lewatkan, untuk panduan mintalah ke panitia kompre apa saja silabus yang akan diujikan saat kompre. Demikianlah pengalaman ini saya suguhkan buat pembaca mudah2n bermanfaat. Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar